Perkembangan Belanja Online's Profile

Perkembangan Belanja Online
Location:
--
Occupation:
--
URL/Website:
https://www.istyle.id
Bio:

Sejarah perkembangan belanja online di Indonesia. Dilansir dari banyak sumber, mulanya toko online di Indonesia hadir pada tahun 1994 ketika Indosat jadi internet service provider pertama di Indonesia sekaligus menyuguhkan koneksi internet untuk seluruh masyrakat. Koneksi internet itu dapat dimanfaatkan sebagai jalan untuk kebanyakan orang yang ingin berjualan. Sejarah perkembangan belanja online di Indonesia.
Dilansir dari banyak sumber, mulanya toko online di Indonesia hadir pada tahun 1994 ketika Indosat jadi internet service provider pertama di Indonesia sekaligus menyuguhkan koneksi internet untuk seluruh masyrakat. Koneksi internet itu dapat dimanfaatkan sebagai jalan untuk kebanyakan orang yang ingin berjualan. 
Cikal bakal toko online baru hadir pada tahun 1999 ketika Andrew Darwis mendirikan sebuah forum dengan nama Kaskus yang juga memiliki forum jual beli. Setelahnya, Bhinneka.com berdiri dan jadi tempat jual beli di Indonesia. Menyadari tumbuhnya transaksi online yang berkembang cepat, pemerintah Indonesia akhirnya mengambil keputusan untuk membuat draft UU e-commerce. 
Empat tahun setelahnya, Tokobagus.com didirikan. Ekosistem toko online yang tambah banyak membuat Doku dihadirkan sebagai layanan uang elektronik. Dua tahun setelahnya, Tokopedia berdiri. Hype e-commerce bertiup dengan kencang ketika Go-jek didirikan di tahun 2010 untuk layanan transportasi online serta berdirinya Bukalapak. Hingga saat, Tokopedia dan Go-jek masih berinovasi dan sudah menjadi perusahaan yang mempunyai pengaruh besar pada perekonomian tanah air. 

Diskon Ulang Tahun di e-Commerce

Mulai muncul berbagai perusahaan e-commerce yang bergerak di banyak bidang seperti Tiket.com yang didirikan pada tahun 2011. Setahun kemudian, Traveloka dan Idea yang lahir, serta hadirnya promo 12.12 Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional. Saat sebuah situs belanja online ulang tahun, merek juga biasanya mengadakan diskon ulang tahun yang bisa Anda manfaatkan untuk belanja dengan harga promo. Jatuh pada tanggal cantik jug ada berbagai promo menarik, mulai promo 10.10, juga promo 11.11 dan promo 12.12.
70% transaksi online tanah air masih didominasi 4 kota besar, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya. Tetapi tren menunjukkan ada pertumbuhan jumlah toko online pada sejumlah daerah di Indonesia, sehingga menambah pertumbuhan ekonomi secara positif. Pendekatan internet dan meningkatnya daya beli masyarakat disebut sebagai 2 alasan utama ekonomi daerah dapat tumbuh dengan pesat.

e-Commerce di Indonesia Hingga Saat Ini

Pada tahun 2014, Tokopedia mencatatkan sejarah dengan dapat kucuran dana US$ 100 juta dan jadi yang terbesar dalam sejarah e-commerce Indonesia. Namun, rekor ini dipatahkan lagi oleh Tokopedia sendiri pada tahun 2017. Dalam historinya, ada banyak pemain baru dan lama berseliweran pada dunia e-commerce Indonesia. 
Tahun 2015, Tokobagus dan Berniaga mengambil keputusan untuk melebur jadi satu di bawah nama OLX yang fokus pada jual beli barang bekas. Hingga sekarang, sudah sangat banyak e-commerce atau layanan uang elektronik yang hadir. Pertumbuhan mereka diperkirakan terus bertumbuh sampai angka yang sangat tinggi sehingga mendukung tumbuhnya ekosistem ekonomi digital Indonesia.

- Pengaruh e-Commerce Terhadap Ekonomi

Ada berbagai toko online di Indonesia yang berkembang dengan pesat dan memberikan pengaruh pada berbagai macam aspek, khususnya sektor ekonomi. Data analisis Ernst & Young memaparkan bahwa bisnis online di Indonesia tumbuh sebesar 40% setiap tahun. Bisnis online itu didominasi oleh pelaku UMKM. 
Mantan Menkominfo Indonesia, Rudiantara mengatakan bahwa bukan tidak mungkin bila sektor UMKM akan jadi roda penggerak ekonomi utama jika dilihat dari pertumbuhan yang semakin pesat diikuti oleh semakin majunya ekonomi online. Hal ini ikut dibuktikan lewat keseriusan Presiden Jokowi pada sektor ekonomi digital. Penunjukan Nadiem Makarim, Erick Thohir dan Wishnutama sebagai Menteri dipercaya dapat membawa hal baru pada dunia perekonomian Indonesia, khususnya ekonomi digital.

- Toko Online Penopang Ekonomi Nasional

Ada 3 hal yang jadi kunci penting mengapa ekonomi Indonesia dapat berkembang dengan pesat, internet, teknologi dan generasi milenial. Internet jadi sebuah kendaraan dan teknologi seperti bahan bakar pendukung generasi milenial yang bertindak sebagai pengendaranya.
Tidak aneh, pertumbuhan e-commerce dan start up di Indonesia sangat pesat. Menurut laporan e-Conomy yang dibuat oleh Google, Bain & Company dan Temasek, Indonesia masih dicatat sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di Asia Tenggara. 
Ekonomi digital Indonesia diperkirakan mendekati 40 miliar Dollar AS dan valuasinya meningkat jadi 133 miliar dollar AS pada tahun 2025. Angka ini naik sebanyak 30 persen dari angka yang sudah diprediksi sebelumnya.

Sistem Pembayaran Digital

Agar mendukung hal tersebut di atas, ada banyak aspek yang perlu dibangun dan memiliki hubungan erat dengan infrastruktur ekonomi digital, misalnya sistem pembayaran. Digital Payment jadi sistem utama yang digunakan oleh banyak pengusaha untuk toko mereka. Sistem pembayaran tanpa uang tunai ini disukai oleh konsumen karena kemudahan dan kepraktisannya. 
Konsumen tinggal membayaranya lewat gadget yang mereka miliki dan pembayaran selesai dalam sekejap. Hal ini diikuti juga oleh pelaku UMKM tanah air dengan memilih sistem pembayaran yang sesuai untuk penunjang usaha mereka. Sebagai alat pembayaran yang dapat dipakai oleh segala jenis usaha, pembayaran digital sangat memudahkan, baik untuk penjual, juga pembeli.

Favorites

Favorites

  • 0 favs
Title External Link
No saved favorites.